Ayo Biasakan Anak Konsumsi Makanan Sehat


Sabtu, 30 Oktober 2010, 18:12 WIB
Irina Damayanti, Siswanto

VIVAnews – Kue, keripik, permen dan minuman soda, merupakan suguhan yang menggiurkan, khususnya untuk anak-anak. Makanan kurang sehat ini biasanya tersedia di banyak tempat, mulai dari sekolah, bioskop, atau ketika si kecil mengunjungi rumah teman-temannya.

Sebagai orang tua, Anda harus mampu membimbing dan mengenalkan makanan sehat kepada anak-anak sejak dini. Jadwal Anda yang sibuk dan pengaruh teman-teman si kecil, akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat.

Nah, cobalah ajak anak-anak di rumah untuk mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini dijelaskan beberapa cara untuk membiasakan anak mengonsumsi makana sehat, seperti dikutip dari Modernmom.

Mulai sejak dini
Ajari anak Anda mengenal makanan sehat sejak dini, bahkan ketika dia masih balita. Ketika kebiasaan ini terpola di dalam diri mereka, kelak anak-anak akan mampu membuat keputusan sendiri mengenai apa saja asupan makanan sehat dan kurang sehat yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Buat tampilan makanan lebih menarik
Warna dan bentuk makanan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Gabungkan hal yang menarik perhatian dengan makanan sehat yang sudah Anda persiapkan. Hal ini dapat mendorong anak untuk membiasakan diri dengan makanan sehat. Misalnya, gunakan pemotong kue untuk membuat buah-buahan dan sayuran agar bentuknya terlihat lebih menarik bagi anak-anak. Kombinasikan warna yang berbeda dari buah-buahan dan sayuran agar membuat anak-anak terpikat dan ingin terus mencobanya.

Biarkan mereka membantu
Mintalah anak Anda ke dapur untuk membantu Anda merencanakan dan menyiapkan makanan untuk keluarga. Duduk bersama pada Minggu malam untuk membicarakan rencana menu makanan dalam seminggu. Memasak bersama si kecil selama satu minggu, turut memberi kesempatan pada anak untuk memahami bagaimana proses mempersiapkan makanan. Hal ini penting dan bermanfaat bagi si anak Anda.

Makan bersama
Biasakan dia makan bersama keluarga, entah itu sarapan, makan siang dan makan malam. Ketika anak-anak makan dengan keluarga, mereka akan terbiasa menikmati makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Hindari makanan cepat saji
Hindari berhenti di restoran cepat saji ketika Anda dalam perjalanan untuk liburan atau kegiatan lainnya, seperti setelah menjemput anak dari sekolah. Sebaliknya, selalu bekali camilan yang sehat untuk si kecil.

Jadilah contoh yang baik
Jadilah Anda orangtua yang teladan dengan makan makanan sehat saat sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan. Jika anak Anda melihat Anda mengonsumsi makan sehat, dia bisa termotivasi untuk mengikuti. Bisa jadi, dia malah ingin ikut mencicipi makanan yang Anda makan.

Sering ajak mereka belanja
Mengajak anak ketika Anda belanja bahan makanan juga merupakan cara yang baik untuk mengajarinya. Anda bisa pergi ke pasar tradisional atau supermarket sehingga dapat menunjukkan kepada anak Anda jenis makanan yang berbeda dan menjelaskan manfaatnya bagi kesehatan. Beberapa pasar bahkan menawarkan contoh makanan yang menarik untuk anak-anak. (sj)
• VIVAnews

This entry was posted in Tips&Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s