Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Menurut Hakim (2002:170) cara-cara untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri adalah sebagai berikut :

  1. Membangkitkan kemauan yang keras: Kemauan merupakan dasar untuk membangun kepribadian yang kuat termasuk rasa percaya diri. Dengan kemauan yang keras yang difokuskan pada tujuan hidup sehingga tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah.
  2. Biasakan untuk memberanikan diri: Kebiasaan memberanikan diri dan berusaha rileks, ketegangan akan berkurang dan hilang dalam situasi tertentu seperti tampil didepan kelas atau berbicara didepan masyarakat dalam acara tertentu.
  3. Berpikir positif dan menyingkirkan pikiran negatif: Untuk membangun rasa percaya diri yang kuat yaitu dengan menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran-pikiran positif yang logis dan meyakinkan.
  4. Biasakan untuk selalu berinisiatif: Membiasakan untuk melakukan sesuatu yang positif dan penuh tantangan dengan inisiatif sendiri tanpa menunggu perintah dari orang lain.
  5. Selalu bersikap mandiri: Dalam melakukan segala sesuatu terutama dalam hal kebutuhan hidup tidak terlalu tergantung pada orang lain, harus memulainya dengan kesadaran dan kemauan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara mandiri.
  6. Mau belajar dari kegagalan: Siap mental dalam menghadapi kegagalan dan mau belajar dari kegagalan tersebut sehingga mampu melakukan hal-hal yang lebih baik untuk mencapai suatu keberhasilan.
  7. Tidak mudah menyerah: Rasa percaya diri akan terpelihara dan dapat ditingkatkan yaitu dengan sikap mental yang tidak mudah menyerah didalam mencapai keinginan dan cita-cita. Menguatkan kemauan untuk melangkah, bersikap sabar dalam menghadapi segala rintangan dan berpikir praktis untuk menemukan cara menghadapinya.
  8. Membangun pendirian yang kuat: Dengan mempunyai tekat dan pendirian yang kuat dan menghilangkan keraguan untuk mencapai suatu tujuan dan cita-cita.
  9. Bersikap kritis dan objektif: Mempunyai sikap kritis dan objektif terhadap diri sendiri dan lingkungan. Mengenal kelemahan secara objektif sehingga menemukan tindakan yang tepat untuk mengatasi kelemahannya dan mengenal kelebihan pribadi sehingga dapat mengembangkan dan memanfaatkan kelebihannya untuk mencapai keberhasilan.
  10. Pandai membaca situasi: Dengan membaca situasi akan memperoleh gambaran yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan diterima dimana indivdu berada.
  11. Pandai menenpatkan diri: Menempatkan diri pada posisi yang tepat sebagai orang yang bermanfaat di lingkungan dimana individu berada.
  12. Pandai melakukan penyesuaian diri dan pendekatan pada orang lain: Untuk dapat bekerja sama dengan orang lain dan mempunyai relasi dibutuhkan kepandaian didalam melakukan penyesuaian dan pendekatan kepada orang lain.

Menurut Douglas (1992:105) bahwa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah:

  1. Menghilangkan kecemasan: Rasa cemas pada dasarnya bersifat merusak dan menghancurkan merupakan salah satu fungsi dari pikiran dengan perasaan cemas dapat menumbuhkam ketidak tenangan maka harus dihilangkan untuk dapat mencapai tujuan dan cita-cita.
  2. Mengatasi rasa takut: Dengan memerangi rasa takut dengan keyakinan dan menghadapi kenyataan akan menjadikan penuh rasa percaya diri, penuh kemenangan dan keberhasilan.
  3. Mengatasi keraguan: Keraguan harus dihilangkan karena dapat menghambat kesempatan yang baik untuk mencapai tujuan dan cita-cita.
  4. Bertindak secara agresif: Untuk memperoleh keberanian yaitu dengan bertindak agresif pada kegiatan yang positif yang membuahkan hasil akan mengusir rasa putus asa.
  5. Menguasai pikiran: Dapat mengendalikan pikiran dan menguasai emosi dapat membentuk kepribadian yang baik sehingga dapat melakukan hal-hal yang positif untuk mencapai keberhasilan.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mempunyai tekat yang kuat dan dapat menempatkan diri dalam segala situasi, berpikir yang positif dan mempunyai  keyakinan yang kuat untuk berhasil, menghilangkan perasaan cemas, takut sehingga dapat bertindak dengan berani, tegas dan mandiri sehingga dalam melaksanakan tugas dan aktifitasnya.

by: om

This entry was posted in Psikologi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

  1. terima kasih untuk postingan ttg percaya dirinya.. sgt membantu tugas saya.. kira2 di mana saya dapat mendapatkan buku referensi tersebut ya? thx a lot :))

  2. terimakasih untuk postingan tentang percaya diri, sangat membantu saya dalam mencari literatur,,,,kalau bisa tolong tuliskan daftar pustakanya,,,,mohon hubungi no saya 085640819095

  3. o iya cara mengukur kepercayaan diri dalam menjawab soal itu gimana ya,,,jikalau Penelitan tindakan kelas itu upayanya untuk meningkatkan kepercayaan diri,,,,,setau saya di ukur berdsarkan indikatornya,,lalu indikator percaya diri dalam menjawab soal itu apa,,,,,,tolong beri tahu saya buku (literaturnya) terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s