Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar


Menurut Wasty Soemanto (2003:113) dalam belajar, banyak sekali faktor yang mempengaruhi belajar namun dari sekian banyaknya factor yang mempengaruhi belajar, hanya dapat digolongkan menjadi tiga macam yaitu:

  1. Faktor-faktor stimuli belajar : Stimuli belajar adalah segala hal di luar individu yang merangsang individu itu untuk mengadakan reaksi atau pembuatan belajar, misalnya panjangnya bahan pelajaran, kesulitan bahan pelajaran, berartinya bahan pelajaran, berat ringannya tugas, suasana lingkungan eksternal.
  2. Faktor-faktor metode belajar : Metode mengajar yang dipakai oleh guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai oleh si pelajar maka metode yang dipakai oleh guru menimbulkan perbedaan yang berarti bagi proses belajar, misalnya tentang kegiatan berlatih atau praktek, menghafal atau menginggat, pengenalan tentang hasil-hasil belajar, bimbingan dalam belajar.
  3. Faktor-faktor individual : Faktor-faktor individual juga sangat besar penggaruhnya terhadap belajar seseorang, misalnya tentang kematangan individu, usia, perbedaan jenis kelamin, pengalaman sebelumnya, motivasi, kondisi kesehatan.
About these ads
This entry was posted in Psikologi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar

  1. sumaryatun says:

    ada lagi faktor yang mempengaruhi belajar adalah antara lain iklim, dan tingkat kecerdasan individu

    • miklotof says:

      ehm. . . saya pikir iklim memangbenar mempengaruhi. . . akan tetapi dalam proses belajar yang paling berpengaruh adalah motifasi atau niat awal dalam belajar yang ditanamkan oleh orang tua (orang yang pertamakali mengajari). disitulah ketahanan pola dan niat awal untuk belajar itu terbentuk. . . seperti halnya proses penanaman iman (lingkup agama) yang membuat agama seseorang itu tidak mudah goyang. . .

      sedangkan kecerdasan individu. . . jikalau tidak ada kelainan genetik ataupun fisik yang mempengaruhi otak. . . semua orang memiliki tingkat kecerdasan yang sama akan tetapi memiliki karakteristik yang berbeda2 dan hal ini harus di camkan karena semua manusia memiliki kesempatan untuk menjadi pintar/ pandai/ ahli. . .itu berdasarkan seberapa rajin ia belajar tentang hal tersebut. . . .

      tidak ada orang pandai yang ada hanyalah orang rajin………………………………..belajar. . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s