Faktor Faktor yang mempengaruhi Percaya Diri


Faktor-faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri pada seseorang menurut Hakim (2002:121) muncul pada dirinya sebagai berikut:

a)      Lingkungan keluarga

Keadaan keluarga merupakan lingkungan hidup yang pertama dan utama dalam kehidupan setiap manusia, lingkungan sangat mempengaruhi pembentukan awal rasa percaya diri pada seseorang. Rasa percaya diri merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang ada pada dirinya dan diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari.

Berdasarkan pengertian di atas, rasa percaya diri baru bisa tumbuh dan berkembang baik sejak kecil, jika seseorang berada di dalam lingkungan keluarga yang baik, namun sebaliknya jika lingkungan tidak memadai menjadikan individu tersebut untuk percaya diri maka individu tersebut akan kehilangan proses pembelajaran untuk percaya pada dirinya sendiri. Pendidikan keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama yang sangat menentukan baik buruknya kepribadian seseorang.

Hakim (2002:121) menjelaskan bahwa pola pendidikan keluarga yang bisa diterapkan dalam membangun rasa percaya diri anak adalah sebagai berikut :

  1. Menerapkan pola pendidikan yang demokratis
  2. Melatih anak untuk berani berbicara tentang banyak hal
  3. Menumbuhkan sikap mandiri pada anak
  4. Memperluas lingkungan pergaulan anak
  5. Jangan terlalu sering memberikan kemudahan pada anak
  6. Tumbuhkan sikap bertanggung jawab pada anak
  7. Setiap permintaan anak jangan terlalu dituruti
  8. Berikan anak penghargaan jika berbuat baik
  9. Berikan hukuman jika berbuat salah
  10. Kembangkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki anak
  11. Anjurkan anak agar mengikuti kegiatan kelompok di lingkungan rumah
  12. Kembangkan hoby yang positif
  13. Berikan pendidikan agama sejak dini

b)      Pendidikan formal

Sekolah bisa dikatan sebagai lingkungan kedua bagi anak, dimana sekolah merupakan lingkungan yang paling berperan bagi anak setelah lingkungan keluarga di rumah. Sekolah memberikan ruang pada anak untuk mengekpresikan rasa percaya dirinya terhadap teman-teman sebayanya.

Hakim (2002:122) menjelaskan bahwa rasa percaya diri siswa di sekolah bisa dibangunn melalui berbagai macam bentuk kegiatan sebagai berikut :

  1. Memupuk keberanian untuk bertanya
  2. Peran guru/pendidik yang aktif bertanya pada siswa
  3. Melatih berdiskusi dan berdebat
  4. Mengerjakan soal di depan kelas
  5. Bersaing dalam mencapai prestasi belajar
  6. Aktif dalam kegiatan pertandingan olah raga
  7. Belajar berpidato
  8. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler
  9. Penerapan disiplin yang konsisten
  10. Memperluas pergaulan yang sehat dan lain-lain

c)      Pendidikan non formal

Salah satu modal utama untuk bisa menjadi seseorang dengan kepribadian yang penuh rasa percaya diri adalah memiliki kelebihan tertentu yang berarti bagi diri sendiri dan orang lain. Rasa percaya diri akan menjadi lebih mantap jika seseorang memiliki suatu kelebihan yang membuat orang lain merasa kagum. Kemampuan atau keterampilan dalam bidang tertnetu bisa didapatkan melalui pendidikan non formal misalnya : mengikuti kursus bahasa asing, jurnalistik, bermain alat musik, seni vokal, keterampilan memasuki dunia kerja (BLK), pendidikan keagamaan dan lain sebagainya. Sebagai penunjang timbulanya rasa percaya diri pada diri individu yang bersangkutan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri yang lain menurut Angelis (2003:4) adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan pribadi: Rasa percaya diri  hanya timbul pada saat seseorang mengerjakan sesuatu yang memang mampu dilakukan.
  2. Keberhasilan seseorang: Keberhasilan seseorang ketika mendapatkan apa yang selama ini diharapkan dan cita-citakan akan menperkuat timbulnya rasa percaya diri.
  3. Keinginan: Ketika seseorang menghendaki sesuatu maka orang tersebut akan belajar dari kesalahan yang telah diperbuat untuk mendapatkannya.
  4. Tekat yang kuat: Rasa percaya diri yang datang ketika seseorang memiliki tekat yang kuat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu kemampuan yang dimiliki individu dalam mengerjakan sesuatu yang mampu dilakukannya, keberhasilan individu untuk mendapatkan sesuatu yang mampu dilakukan dan dicita-citakan, keinginan dan tekat yang kuat untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan hingga terwujud. Faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga di mana lingkungan keluarga akan memberikan pembentukan awal terhadap pola kepribadian seseorang. Yang kadua adalah lingkungan formal atau sekolah, dimana sekolah adalah tempat kedua untuk senantiasa mempraktikkan rasa percaya diri individu atau siswa yang telah didapat dari lingkungan keluarga kepada teman-temannya dan kelompok bermainnya. Yang ketiga adalah lingkungan pendidikan non formal temapat individu menimba ilmu secara tidak langsung belajar ketrampilan-keterampilan sehingga tercapailah keterampilan sebagai salah satu faktor pendukung guna mencapai rasa percaya diri pada individu yang bersangkutan.

by: om

About these ads
This entry was posted in Psikologi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Faktor Faktor yang mempengaruhi Percaya Diri

  1. destyan says:

    kalau fator-fakor yang mempengaruhi kepercayaan diri seperti di atas, trus faktor-faaktor yang mempengaruhi ketidakpercayaan diri pada anak ap ?terima kasih

  2. Pingback: Percaya Diri | saifullah aceh_media kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s